Selasa, 17 April 2007

AJARAN GEREJA - Apa itu "Roh Kudus?"

Seringkali kita sebagai orang Katolik tidak tahu atau tidak paham atau mungkin lupa terhadap beberapa pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, misalnya:

Ada baiknya kita mengingatnya kembali, agar penghayatan iman kita kepada-Nya semakin sempurna. Mari kita bahas melalui beberapa posting, dan Anda diundang untuk memberi komentar atau mendiskusikannya bersama kami.


APA ITU ROH KUDUS?

Dalam film Star Wars banyak sekali percakapan mengenai sesuatu yang disebut "Kuasa", seperti misalnya "Semoga Kuasa besertamu." Kuasa yang dimaksud adalah suatu energi yang mengelilingi dan ada dalam segala makhluk. Sebagian orang berpendapat bahwa George Lukas, direktur film tersebut, sebenarnya sedang berpikir tentang Allah Roh Kudus. Benarkah demikian? Dan jika memang benar demikian, apakah Roh Kudus itu sebenarnya?

Gagasan yang menarik, tetapi jika kalian bertanya "Apa itu Roh Kudus," maka pertanyaan kalian itu keliru. Pertanyaan yang benar seharusnya "SIAPA itu Roh Kudus?" Sebab Allah Roh Kudus itu bukanlah suatu "kuasa". Roh Kudus itu adalah sungguh-sungguh suatu pribadi, dengan kepribadian seperti kalian dan saya.

Ketika masih hidup di dunia, Allah Putera -yaitu Yesus- melindungi para murid-Nya dari yang jahat. Sebelum Ia kembali ke surga, Yesus berjanji akan mengirimkan Penghibur, yaitu Roh Kudus. Yesus menjanjikan bahwa Penghibur akan mengajarkan kepada kita segala sesuatu yang perlu kita ketahui tentang hidup dan bagaimana kita dapat sampai ke surga.

Mungkin kamu beranggapan bahwa Roh Kudus adalah pribadi Tritunggal yang hampir terlupakan. Penyebabnya mungkin karena Roh Kudus tidak membawa kita kepada diri-Nya sendiri, tetapi Ia membawa kita kepada Bapa dan Putera. Namun demikian, janganlah oleh karena itu kita tidak berdoa dan tidak mencintai Roh Kudus.

Memang sulit menggambarkan suatu pribadi yang adalah energi suci, pemikiran suci. Dalam Kitab Suci, Roh Kudus digambarkan dalam rupa "burung merpati" (Lukas 3:22) atau dalam rupa "lidah api" (Kisah Para Rasul 2:3-4).

Termasuk dalam masalah kita adalah kita tidak mempunyai suatu nama yang indah untuk Roh Kudus. Kata "roh" berasal dari bahasa Ibrani "Ruah", yang artinya "napas" atau "angin". Baik dalam bahasa Yunani maupun bahasa Ibrani "Ruah" adalah kata berjenis kelamin perempuan.

Mungkin nama yang bagus dalam bahasa Inggris untuk Roh Kudus adalah "Friend" atau dalam bahasa Indonesia "Sahabat". Atau dapatkah kalian memikirkan suatu nama lain yang lebih tepat?

Tidak ada komentar: